~:Catatan Belajar MazHel:~

Sertifikasi Java & Oracle Fundamental

Posted in java, Oracle, Programming by m42h31 on 15 Maret 2010

Alhamdulillah nambah koleksi sertifikat java & oracle fundamental gratisan dari bamboomedia.. heu heu..
sebetulnya udah agak lama dapetnya awal februari yang lalu, tapi baru sempat posting sekarang.. 🙂

sampean juga mau dapet sertifikat gratis??
silahkan cek TKP aja BambooMedia

Iklan

Review Netbeans 6.8 in Mac vs Linux

Posted in hackintosh, java, Programming, ubuntu by m42h31 on 16 Desember 2009

Iseng-iseng ngereview netbeans 6.8 yang saya jalankan di 2 sistem operasi berbeda yaitu Apple Macintosh dan Ubuntu Linux 9.10. berikut adalah screenshot keduanya : (more…)

NetBeans IDE 6.8 Overview

Posted in java, Programming, ubuntu by m42h31 on 15 Desember 2009
Tagged with: , , ,

Netbean 6.8 udah release gan..!!

Posted in hackintosh, java, Programming, ubuntu by m42h31 on 15 Desember 2009

Kabar  gembira buat netbeans users.. keluarga terbaru netbeans IDE telah lahir yaitu versi 6.8.  ya wis lah pasti gak sabar pengen nyobain kedahsyatannya kan? jujur aja saya yang 6.7 juga belum habis tapi klu ada yang baru gini semangatnya beda.. (more…)

JDK 7 next generation Java Development Kit

Posted in java, Programming by m42h31 on 15 Desember 2009

Sun Microsystems telah mengupdate versi lanjutan dari JDK 7 menjadi JDK 7 milestone 5 pada tanggal 12 november 2009 kemarin, hehe.. agak telat nih, tp gak papa lah.. klu mau lebih lanjut apa aja sih teknologi baru yang dimunculkan java silahkan kunjungi link download dibawah ini.
Download Disini

Tagged with: , ,

Netbeans : CodeIgniter code completions

Posted in java, linux c0rner, PHP, Programming, ubuntu by m42h31 on 4 Oktober 2009

Berikut adalah step by step menambahkan fitur code completions  CodeIgniter PHP Framework di netbeans :

1. Buat sebuah file berektensi *.php, sebagai contoh saya membuat file netbeans_ci_code_completions.php  di direktori system seperti gambar berikut :

code-igniter-system (more…)

Nyobain netbeans 6.7.1

Posted in java, linux c0rner, Programming by m42h31 on 9 Agustus 2009

splash-screen

Wah, netbeans emang tiada matinya. baru berapa bulan yang lalu dirilis netbeans 6.5 ternyata udah muncul aja yang baru, jadi pengen nyobain nih..

Setelah mendownload netbeans 6.7.1 full version dengan ukuran file 251MB yang cukup lama kira-kira 10jam (internet 3G saya sudah habis kuotanya, kecepatannya turun drastis hiks..) tapi itu tidak menyurutkan semangat saya untuk tetap mendownload..wakakaka..opoo…nah, sebenernya apa aja sih yang baru di netbean 6.7.1 ini ? jawabannya baca sendiri ya disini. (more…)

Tagged with: , , ,

Java vs C#

Posted in java, Programming by m42h31 on 17 Januari 2009

sebuah pertarungan yang sangat seru sepertinya ya, sebuah pertempuran yang dahsyat melebihi pertempuran manapun di muka bumi ini. produk besutan Sun Microsistem ini di tantang oleh rifal sekelasnya C# yang di kembangkan oleh microsoft. manakah yg lebih matap ??  mari kita saksikan…

klik disini untuk melihat contoh-contoh perbandingan coding Java vs C#

Money Counter (Rupiyah)

Posted in java by m42h31 on 14 Oktober 2008

/*
@author    : m42h31
@date    : 28-08-2008
@time    : 08.48 AM
@fileName: MoneyCounter.java
@project: menghitung pecahan uang
*/
class MoneyCounter{
private long money;
private int limaPuluh,seratus,duaRatus,limaRatus,seribu,limaRibu;

private int sepuluhRibu,duaPuluhRibu,limaPuluhRibu,seratusRibu;

public MoneyCounter(long money){
this.money=money;
Counter(money);
}
void Counter(long money){
if(money<100){
limaPuluh=(int)money/50;
}
else if (money < 200){
seratus=(int)money/100;
Counter(money%100);
} (more…)

Acak Warna sampai pusing ngeliatnya

Posted in java by m42h31 on 22 Agustus 2008

/*
@author : m42h31
@date    : 18-08-2008, 05:20 AM
*/

import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import java.util.Random;
import java.util.Timer;
import java.util.TimerTask;

public class RandomColor{
public final static Random acak=new Random();
private final static Dimension dimensi=new Dimension(50,50);
private final static int waktunya=60,variasi=60,next=128,panjangSisi=35,jrk=2; (more…)

Simple Convert Angka ke Bilangan

Posted in java by m42h31 on 15 Agustus 2008

/*
@author : m42h31
date    : 15-08-2008
*/

public class Kwitansi02
{
public String convert(long x){

String angka[]={“”,” satu”,” dua”,” tiga”,” empat”,” lima”,” enam”,” tujuh”,” delapan”,” sembilan”,” sepuluh”,” sebelas”};
String str= ” “;
int cnv=(int)x;
(more…)

Contoh Java Template Pattern

Posted in java by m42h31 on 1 Agustus 2008

Sungguh mengasyikkan belajar java, betapa tidak ia terkadang membuatku gk bisa tidur karena asyik ngoprek. apalagi klu udah sampai belajar design pattern, wuuuh…bener-bener mantap (this is the real OOP menurutku..hehehe..). salah satu metoda didalamnya adalah template pattern butuh waktu khusus (bertapa di gua sampai brewokan) diriku untuk bener-bener memahami konsepsi dan filosofinya yang lumayan mak-nyooosss…sebetulnya design pattern untuk memahami konsepsi dan filosofi keseluruhannya juga Top Markotop Mak-nyooos (pak bondan,red)..tapi insya Allah klu sudah mengerti konsepnya kesananya jadi sedikit mudah kok (sedikit mudah, banyak sulitnya..wekekeke).

singkat kata berikut adalah contoh Source Code sederhana metoda Template Pattern yang saya tulis menggunakan java  :

/*
contoh template pattern
author m42h31
param none
*/

public abstract class Motor{
protected String noPol;
protected static String merek,model;
protected final static int A1=100,A2=10;
protected final static int B1=1000,B2=100;
protected String warna=”Black”;
protected String jenisPembayaran=”Tunai”;
private static float bbm=0.06f; (more…)