~:Catatan Belajar MazHel:~

Countdown your birthday in PHP

Posted in PHP by m42h31 on 26 April 2010

Pernahkah terfikir untuk menghitung mundur berapa usia anda saat ini sampai hari ini, usia saya sampai hari ini adalah 23 tahun 6 bulan 7 hari. iseng bikin program pendek untuk melakukan itu (padahal karena client minta begini..hiks..ngerjain banget). kebanyakan di internet beredar script lain namun setelah saya lakukan beberapa pengujian perhitungannya tidak tepat. karena programmer lupa (atau sengaja melupakan.. hehe) jumlah hari dalam 1 bulan tidak bisa dipukul rata & yang terpenting ada tahun kabisat yang jumlah harinya tentu tidak sama dengan tahun biasa. (more…)

Iklan
Tagged with: , ,

Sertifikasi Java & Oracle Fundamental

Posted in java, Oracle, Programming by m42h31 on 15 Maret 2010

Alhamdulillah nambah koleksi sertifikat java & oracle fundamental gratisan dari bamboomedia.. heu heu..
sebetulnya udah agak lama dapetnya awal februari yang lalu, tapi baru sempat posting sekarang.. 🙂

sampean juga mau dapet sertifikat gratis??
silahkan cek TKP aja BambooMedia

Shortcut Command di Komodo Edit

Posted in Programming, Tips & Trik by m42h31 on 6 Maret 2010

Menambahkan shortcut di komodo edit saya rasa sangat diperlukan oleh developer pecinta komodo edit, gunanya tentu saja untuk mempermudah dan menghemat waktu karena fungsi ini menggantikan command line untuk menjalankan program yang kita tulis.
langsung saja langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. aktifkan right pane komodo edit.

2. Buatlah new command.

(more…)

Simple Database Viewer with CodeIgniter

Posted in open source, PHP, Stuff by m42h31 on 23 Februari 2010

Terkadang CLIENT tidak mau ribet melihat PHPMYADMIN yang katanya ribet tampilannya, memang untuk client yang bukan orang IT terkadang kebingungan jika dihadapkan dengan tools semacam phpmyadmin. Saya membuat tools kecil-kecilan untuk keperluan presentasi struktur table dalam database kepada client anda.tools ini dibuat menggunakan CodeIgniter PHP Framework. anda tinggal mengganti saja nama database di system/application/config/database.php maka anda bisa langsung mempresentasikan struktur table dalam database yang anda buat. saya tidak membahas bagaimana codingnya disini, namun anda dapat mendownload source codenya di link dibawah ini. silahkan dikembangkan.

Download link

Ketika Orang IT Jatuh Cinta

Posted in internet, obrolan bebas, Programming by m42h31 on 1 Februari 2010

Beginilah ceritanya jika orang IT jatuh cinta, silahkan agan-agan sekalian menyimak..

When IT man falling in love

Jika cinta itu OOP,
maka, cintaku padamu bagaikan sebuah kelas yang extend ke kelas hati. dimana kelas itu memiliki properties dengan atribut final dengan prefilages private, tidak akan berubah-ubah valuenya sampe akhir waktu.

Jika cinta itu adalah Tipe Data,
maka, cintaku padamu adalah boolean yang akan selalu kupertahankan tetap true.

Jika cinta itu Method,
maka, method itu adalah sebuah method yang bersifat rekursif, yang tidak akan pernah berhenti di eksekusi jika status hidupku belum mati.

Jika cinta itu Object,
maka, fungsi destroy(); object tidak akan pernah bisa dipakai. karena sdh di override dengan fungsi looping cinta didalamnya.
(more…)

Install Oracle SQL Developer di Ubuntu

Posted in Oracle by m42h31 on 21 Desember 2009


pertama kali anda install Oracle-nya dulu dong.. saya pake Oracle 10g XE yang gratis.. 😀 lumayan untuk belajar ini sudah lebih dari cukup..

kemudian download SQL Developer disini. disini ada 2 pilihan yaitu versi RPM dan ZIP, karena malas recompile RPM ke DEB maka saya download yang ZIP aja (versi portable).
baiklah jika sudah di download maka extract sqldeveloper-2.1.0.63.73-no-jre.zip ke /opt.
setelah itu yang harus dilakukan adalah mengkonfigurasi path java untuk SQL Developer dengan cara berikut ini :
1. sudo gedit /opt/sqldeveloper/sqldeveloper/bin/sqldeveloper.conf
2. rubah SetJavaHome ../../jdk menjadi SetJavaHome /usr/lib/jvm/java-6-sun/ lalu save.
(more…)

Tagged with: , ,

Review Netbeans 6.8 in Mac vs Linux

Posted in hackintosh, java, Programming, ubuntu by m42h31 on 16 Desember 2009

Iseng-iseng ngereview netbeans 6.8 yang saya jalankan di 2 sistem operasi berbeda yaitu Apple Macintosh dan Ubuntu Linux 9.10. berikut adalah screenshot keduanya : (more…)

NetBeans IDE 6.8 Overview

Posted in java, Programming, ubuntu by m42h31 on 15 Desember 2009
Tagged with: , , ,

Netbean 6.8 udah release gan..!!

Posted in hackintosh, java, Programming, ubuntu by m42h31 on 15 Desember 2009

Kabar  gembira buat netbeans users.. keluarga terbaru netbeans IDE telah lahir yaitu versi 6.8.  ya wis lah pasti gak sabar pengen nyobain kedahsyatannya kan? jujur aja saya yang 6.7 juga belum habis tapi klu ada yang baru gini semangatnya beda.. (more…)

JDK 7 next generation Java Development Kit

Posted in java, Programming by m42h31 on 15 Desember 2009

Sun Microsystems telah mengupdate versi lanjutan dari JDK 7 menjadi JDK 7 milestone 5 pada tanggal 12 november 2009 kemarin, hehe.. agak telat nih, tp gak papa lah.. klu mau lebih lanjut apa aja sih teknologi baru yang dimunculkan java silahkan kunjungi link download dibawah ini.
Download Disini

Tagged with: , ,

Netbeans : CodeIgniter code completions

Posted in java, linux c0rner, PHP, Programming, ubuntu by m42h31 on 4 Oktober 2009

Berikut adalah step by step menambahkan fitur code completions  CodeIgniter PHP Framework di netbeans :

1. Buat sebuah file berektensi *.php, sebagai contoh saya membuat file netbeans_ci_code_completions.php  di direktori system seperti gambar berikut :

code-igniter-system (more…)

CodeIgniter : paging an array

Posted in PHP, Programming by m42h31 on 26 Agustus 2009

Anda capek nyari di google gimana caranya paging array di codeigniter tapi gak ketemu-ketemu. tah, berarti anda senasib dengan saya..hue..hue..hue… alhamdulillah setelah menegak segelas air putih tanda berbuka puasa baru kefikiran caranya (lagi lemot euy). alhamdulillah mungkin inilah salah satu berkahnya puasa..

contoh saya punya array :

$dataku = array("bapak","ibu","kakak","saya","adik");

maka klu di print_r($dataku) muncul  hasil :

Array([0]=>bapak [1]=>ibu [2]=>kakak [3]=>saya [4]=>adik)

baiklah saya akan coba penampilkan perpage dengan perindex array diatas, caranya begini : (more…)