~:Catatan Belajar MazHel:~

Islam mendukung Open Source Software

Posted in linux c0rner, open source, ubuntu by m42h31 on 7 Februari 2010

Wah-wah judulnya mantap euy.. semantap penulisnya (halah mantap apaan? hehe..) Saya pernah mengatakan keresahan hati saya ini waktu mengisi seminar Open Source yang diadakan di masjid al-amanah buah batu bandung tengah tahun 2009 yang lalu. slide seminar bisa di download di akhir tulisan ini. pada dasarnya ide ini muncul setelah keprihatinan saya akan bebasnya penjualan piracy software (perangkat lunak bajakan) di pasaran yang semakin lama semakin parah saja, anda bisa dengan mudah menemui lapak yang menjajakan software bajakan di mana saja, bahkan ada yang menjualnya terang-terangan di pinggir jalan. (nauzubillah) ternyata masyarakat kita masih belum bisa menghargai karya orang lain.

Salah satu solusi yang bisa dinikmati masyarakat adalah menggunakan open source, lalu apa hubungannya open source dengan islam ?? baiklah begini, bagaimanapun pembajakan software itu adalah sebuah bentuk pencurian yang ilegal (saya yakin anda semua akan setuju pernyataan diatas, bayangkan jika anda sudah mengucurkan banyak keringat, waktu dan dana untuk membuat sebuah software yang bermutu kemudian software anda dibajak, bagaimana perasaan anda? apa yang akan anda lakukan?). Sedangkan islam sama sekali tidak membenarkan (bahkan melarang keras) pencurian dengan alasan apapun (lebih baik kami mati kelaparan daripada harus menelan nasi yang didapat dari hasil curian). Di sisi lain kita juga diperintahkan untuk mencari rizki dengan jalan yang halal dan baik. lantas jika kita menggunakan software hasil curian itu untuk mencari rizki, halal kah rizki kita? barokah kah rizki yang kita gunakan untuk menafkahi diri, istri dan anak ? nauzubillah, jika ternyata secara tidak sadar kita telah memasukkan rizki yang haram kedalam perut-perut anak dan istri yang tidak tahu apa-apa itu. jika anda belum menikah, maka berfikirlah jauh kedepan, jangan biarkan satu butir nasi pun yang diperoleh dengan jalan yang tidak halal masuk ke dalam perut anda.

Tapi mas, saya kan hanya menggunakannya. saya bukan cracker yang mencuri software itu??.. jika anda dihadapkan dengan sepotong daging yang terlihat lezat, sedangkan anda mengetahui bahwa daging itu adalah daging hasil curian. apakah anda masih berselera untuk menyantapnya?? jika iya, maka sama saja anda juga pencuri karena ikut-ikutan menikmati barang hasil curian.

Kesimpulannya Open Source adalah solusi yang tepat untuk menjawab keresahan yang selama ini saya rasakan, karena jujur saja untuk membeli software-software berbayar saya tidak mampu, setidaknya dengan menggunakan Open Source saya dapat mengurangi dosa-dosa dalam menggunakan komputer. karena pada dasarnya software Open Source bisa didapatkan secara gratis, bebas digunakan dan dimodifikasi sesuka hati saya.

klik untuk download slide.

Semoga tulisan ini menginspirasi, dan menjadi bahan renungan yang bermanfaat..

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mamang said, on 7 Februari 2010 at 15:14

    setiap pembelian dikaitkan dengan dolar amerika, kalau kurs 1 dolar amerika dengan rupiah rp. 2,000.- pasti aku beli yang asli…
    itukan ekonomi mereka bukan ekonomi islam..

    open source…
    kalau begitu pindah profesi jadi hacker/maling saja..
    maling for food (seperti robinhood sajah)

    • m42h31 said, on 7 Februari 2010 at 16:27

      sepertinya harus diluruskan pengertian hackernya dulu ya mas.. silahkan baca disini.
      btw, open source kok maling? jangan-jangan salah pengertian lagi mengenai open source. sangat naif sekali jika anda memberikan penilaian negatif/pencuri secara sefihak dan tanpa alasan yang jelas kepada pengguna open source.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: