~:Catatan Belajar MazHel:~

transparent drop down menu on ubuntu

Posted in linux c0rner, Tips & Trik, ubuntu by m42h31 on 14 Desember 2009

Iseng-iseng main bikin dropdown menu ubuntu jadi transparan, ya sekedar mengubah tampilan agar gak gitu-gitu aja..

caranya sangat mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. buka Compiz Config Settings Manager (CCSM) yang terletak di System > Preferences > Compiz Config Settings Manager. jika belum ada silahkan ke Ubuntu Software Center dan install CCSM-nya terlebih dahulu.

2. contreng  Opacity, Brightness, Saturation.

3. klik  Opacity, Brightness, Saturation . pada tab Opacity klik tombol New dan tambahkan Tooltip | Menu | PopupMenu | DropdownMenu dengan value sesuka hati anda. klu saya 80 aja cukup, jangan terlalu kecil, gak kelihatan ntrar menunya..hehe..

Selesai..

kemudian coba cek klik Menu ubuntu anda..  lumayan kan jadi tambah cakep..

bonus : supaya window aplikasi anda terlihat transparan juga ikuti step 1-3 dan tambahkan normal. sehingga menjadi normal | Tooltip | Menu | PopupMenu | DropdownMenu

lebih jelasnya, lihat video yang dibuat teman saya ini :

selamat mencoba,

sumber : ubuntuforums

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. budiawan said, on 2 Maret 2010 at 02:49

    maaf mau tanya kalau ngembaliin ke normalnya bagaimana ya… soalnya saya lupa kasih nilai valuenya jadi menu compiznya hilang(engga kelihatan). terimakasih sebalumnya.

  2. mazhel said, on 2 Maret 2010 at 15:10

    bisa dihapus saja konfigurasi compiznya di /home/username_anda/.compiz

    dengan perintah :

    rm -rf /home/username_anda/.compiz

    lalu restart

    • zulwaqar said, on 11 November 2010 at 20:45

      waduh…..q juga nih, desktopnya g keliatan T.T
      dah ketik diatas g terjadi2 apa walaupun dah restart…bantuin donk

  3. faris said, on 26 Juli 2010 at 00:09

    trm ksih mang ni y q cari gan,,,

  4. faris said, on 26 Juli 2010 at 00:12

    oy klo cuma latarnya ja yg di hilangkan jd ntr yg klhatan cma tulisannya sja,,, bsa g gan? hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: