~:Catatan Belajar MazHel:~

driver sound card HP compaq presario cq40-337 di kubuntu 9.04

Posted in Tips & Trik, ubuntu by m42h31 on 5 Agustus 2009

cq337Seminggu yang lalu saya baru beli notebook HP compaq presario cq40-337 tanpa OS pastinya, hehehe.. saya memang kurang suka penjajahan microsoft di notebook-notebook yang beredar di pasaran saat ini. sebisa mungkin saya selalu nyari yang tanpa OS, selain harganya yang relatif lebih miring, tentu saja karena I love Linux dan pengen me-linux-kan adik (walaupun dia belum bisa linux, akan saya paksa dia pake linux..hehe..dari pada dia di jajah mikocok mending gue aja yang  jajah dia..hi..hi..hi..).

Setelah berhasil menginstall kubuntu di notebook ini (sebenernya saya gnome lover, tp menarik juga nyoba KDE sesekali), alhamdulillah semua driver terdeteksi dengan baik kecuali driver sound card altec lansing. walhasil saya harus puas mengakhiri proses installasi tanpa suara..hiks.. namun setelah browsing-browsing alhamdulillah dapat solusi dari mas trimo kira-kira berikut ini adalah tutorial untuk menambahkan driver sound card altec lansing di kubuntu 9.04

edit file /etc/modprobe.d/alsa-base.conf

tambahkan script dibawah ini di paling bawah alsa-base.conf

alias snd-card-0 snd-hda-intel

alias sound-slot-0 snd-hda-intel

options snd-hda-intel model=dell-m4-1

options snd-hda-intel enable_msi=1

kemudian edit juga file /etc/group

temukan script audio:x:29:pulse

dan tambahkan user login seperti ini audio:x:29:[user_login],pulse

dalam kasus ini saya menambahkan menjadi audio:x:29:m42h31,pulse

setelah selesai jangan lupa untuk di save kemudian restart notebooknya..

sumber : trimo.i-cornershop.com

15 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ROFIQ said, on 16 September 2009 at 05:35

    MAAF MAS, SAYA PAKAI CQ 40 324 TU, SOUND JUGA GAK AKTIF, SAYA COBA TRIK MAS TAPI HANYA BISA BERLAKU SEKALI SAJA.SETELAH SAYA REKSTAT ULANG GAK BISA LAGI.

    • mazhel said, on 16 September 2009 at 06:53

      mungkin masuk ke mode MUTE mas..
      atau coba lihat log-nya..🙂

      • ROFIQ said, on 18 September 2009 at 14:02

        maaf, gak mode mute, tapi tetap gak jalan.padahal kalau buat player video ada gambarnya, tapi sound blm bisa

  2. m42h31 said, on 19 September 2009 at 06:22

    mas rofiq pake OS-nya apa ya?
    klu ubuntu / kubuntu coba lihat log-nya mas..

    • rofiq azhari said, on 3 Januari 2010 at 08:28

      pakai ubuntu,…..ternyata setelah saya coba lagi bisa keluar suaranya…..TERIMA KASIH BANYAK MAS, SUKSES SELALU YA…………………………..(ROFIQ)

  3. agus said, on 28 September 2009 at 07:51

    saya menggunakan presario cq40 324tu, speaker internal tidak berfunsi, tapi menggunakan handfree atau via external berfungsi dengan baik. tolong dibantu solusinya biar speaker internal dapat berfungsi dengan baik.
    nb. device sound card terbaca

  4. Ari said, on 10 November 2010 at 10:53

    Mas, saya pake presario cq42 ni. saya nginstall ubuntu karmic koala (9.10) suaranya juga gak keluar saya liat skrip yg diposting mas ini sepertinya membantu.tapi nambahinnya di sebelah mana ya mengingat banyak settingan di alsa-base.conf nya (bawaan dari sananya)

  5. how to hack facebook password said, on 25 Januari 2013 at 05:39

    There is certainly a lot to learn about this issue. I love all the points
    you’ve made.

  6. Rubin said, on 14 April 2013 at 13:53

    Hello Dear, are you genuinely visiting this web page regularly, if so after that you will definitely take
    pleasant knowledge.

  7. you are really a excellent webmaster. The website loading speed is incredible.
    It seems that you’re doing any distinctive trick. In addition, The contents are masterpiece. you’ve performed a magnificent activity in this topic!

  8. szkolenie nx unigraphics said, on 19 April 2013 at 09:11

    My website szkolenie nx unigraphics

    I’ve been exploring for a bit for any high-quality articles or blog posts in this sort of area . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site. Reading this information So i’m
    glad to convey that I have a very good uncanny feeling I discovered exactly what I
    needed. I most definitely will make certain to do
    not omit this web site and provides it a glance regularly.

    My website jêzyk sql kurs

  9. green Coffee Bean extract reviews gca said, on 28 April 2013 at 20:23

    I’m not sure why but this site is loading extremely slow for me. Is anyone else having this issue or is it a problem on my end? I’ll
    check back later on and see if the problem still exists.

  10. psychoterapia katowice said, on 3 Mei 2013 at 11:09

    For most recent information you have to pay a visit
    world-wide-web and on internet I found this
    web page as a most excellent web site for newest
    updates.

  11. Pintu dan jendela said, on 17 Desember 2013 at 04:37

    nah dapet jg driver nya


Tinggalkan Balasan

