~:Catatan Belajar MazHel:~

5 langkah mudah membangun password yang aman

Posted in Security by m42h31 on 30 April 2009

password_star

Kata-kata password atau kata sandi tentu saja bukanlah sesuatu yang asing bagi para pengguna internet, apalagi seperti saya yang punya account macam-macam dan dimana-mana, punya banyak password akan membuat saya kesulitan untuk menghafalnya, cara satu-satunya adalah menyimpannya pada suatu tempat dimana hanya saya dan Alloh yang tau tempat penyimpanan itu, sangat merepotkan😀. punya satu password yang sama untuk semua account sangat berbahaya, bayangkan website dimana kita nimbrung tiba-tiba di crack oleh para cracker yang datang dari dunia maya dan mereka berhasil mendapatkan plain text password kita??wow, mereka bisa saja melakukan hal-hal ilegal yang tidak kita inginkan. jadi pilih yang mana??

jangan kuatir, saya akan sedikit membuka rahasia saya membuat password yang sudah saya terapkan sejak kurang lebih 19 bulan yang lalu. info saja barangkali bisa meyakinkan pembaca😀, saya punya 7 email, ikut di berbagai forum diskusi, situs jejaring sosial, game online dan sebagainya yang kalau di hitung-hitung kurang lebih saya punya 43 account di internet, tahukah anda masing-masing account saya passwordnya berbeda (bahasa informatikanya unique)😀, dan alhamdulillah saya bisa mengingatnya dengan baik.

bagaimana saya membuat rumus password ?

hampir semua orang membuat password pastilah hal-hal yang mudah untuk diingat olehnya seperti tanggal lahir, kota kelahiran, lagu favorit, nama tokoh atau artis idola, nama pacar😀, nomer handphone dan sebagainya. he..he..saya juga begitu, mahsudnya membuat password juga yang mudah diingat tentunya. ups, jangan dulu berfikir saya membuat 43 kata yang berbeda untuk membuat password. yang saya lakukan adalah:

1. membuat kata kunci password standar. saya akan mempunyai beberapa kata untuk password standar saya. contoh: password standar saya adalah nama kota tertentu yaitu “surabayajawatimur”.

2. menambahkan nama/inisial website dimana account itu dibuat. misalnya saya menyebut wordpress itu dengan “blog” maka selanjutnya saya akan menambahkan kata “blog” di belakang nama kota yang telah saya tentukan menjadi “surabayajawatimurblog” nah sudah cukup panjang kan, tapi susah di inget ya hee..hee..tenang, lanjut ke langkah berikutnya.

3. mengubah huruf depan menjadi huruf besar. cara ini sebetulnya tidak mempermudah mengingat atau membacanya😀. lebih tepat supaya lebih kuat saja karena kita tidak hanya menggunakan huruf kecil pada password, tetapi juga huruf besar. jadi password saya sekarang menjadi “SurabayaJawaTimurBlog”.

4. sudah cukup kuat kah password saya? anda bisa menghentikan langkah disini, atau mau lanjut ke langkah berikutnya?? gak usah di jawab, lanjut aja yah..okey, selanjutnya saya tidak nyaman dengan tulisan yang bersambung seperti diatas, saya ingin ada pemisah pada setiap kata-katanya. baiklah saya akan menambahkan “+” diantara kata-kata diatas. sehingga password saya adalah “+Surabaya+Jawa+Timur+Blog+”.

5. mau lebih kuat lagi? siap lah.. saya akan mengganti semua huruf “a” dengan “4”, semua huruf “i” dengan “1” dan “o” menjadi “0”. sehingga password saya menjadi “+Sur4b4y4+J4w4+T1mur+Bl0g+”.

Dengan 5 langkah diatas saya membuat 43 password yang berbeda tanpa takut lupa. contoh lain adalah password email saya misalnya “+Sur4b4y4+J4w4+T1mur+M41l+Y4h00+” dan sebagainya, silahkan inprovisasi sendiri. dan akhirnya baiklah pembaca rohimakumulloh, selamat berkreasi membuat password😀 seunik, seaneh, dan semudah mungkin untuk di ingat. saran saya jangan lupa untuk selalu mengupgrade kata kunci standar dalam pembuatan password secara berkala, untuk jaga-jaga saja siapa tau password yang kita buat  telah di ketahui orang dengan teknik-teknik yang di kembangkan para peretas dunia maya. Saya juga langsung ganti password setelah menulis ini lho..he..he..

smoga tulisan ini bermanfaat,,  keep secure..

anda punya tips dan trik lain membuat password ?? tinggalkan jejak disini.

18 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. miew said, on 30 April 2009 at 05:40

    heuu..
    gw rada krg yakin skrg.
    sm kmmpuan mngingat saiaahh.
    masa iah jd M4l4k4M4+r4m4nB4ndun9+34..
    nah nulis itu aj,, ga bs diulang2 x😛
    tp thx ya.. dah ad ayg nyoba blom? trs hsilny gmn???

  2. r3dc0de said, on 1 Mei 2009 at 12:10

    xixixi… miew ribet banget password loe…

  3. n0r9x said, on 2 Mei 2009 at 09:24

    asik juga tips anda.. bermanfaat banget buat saya..keep posting,

  4. m42h31 said, on 3 Mei 2009 at 10:51

    @ miew = cobain aja dulu…😀
    @ n0r9x = arigato kunjungannya ke blog saya.. (mudah-mudahan nulisnya bener)😀

  5. korek-api said, on 5 Mei 2009 at 00:56

    perilaku dan kesadaran membuat password setiap orang memang berbeda-beda, ada yang membuat password asal-asalan (nama pacar,tgl lahir,dll) ada juga yang kreatif membuat password yang sulit untuk di tebak,,
    tips anda cukup menarik untuk membuka mata orang yang belum sadar pentingnya password yang aman agar segera mengubah perilakunya. ternyata tidak susah😀 makasih bang..

  6. csrg said, on 7 Mei 2009 at 11:59

    siap pak ketua..

    • m42h31 said, on 9 Mei 2009 at 01:39

      wew, sapa ini yg coment atas nama csrg ?

  7. awang jivi said, on 8 Mei 2009 at 15:17

    bagus mas infonya, patut di coba neh, soalnya saya buat password ternyata gak aman

  8. embun777 said, on 10 Mei 2009 at 09:47

    Klo sy..gampang lupa..!! karena kepanjangan kalee.ya..passwordnya..??!!

  9. 4n3h said, on 12 Mei 2009 at 05:30

    copy paste dari novel ya..ha..ha..ha…

  10. ruMit said, on 12 Mei 2009 at 05:33

    ngecrack-nya bisa 2 tahun password kayak gini..
    kecuali pake mesin yang speknya server lebih cepet paling 1 bulan udah ketemu..😛
    yang copy paste novel tuh, sampe punya cucu 10 belon ketemu passwordnya :))

  11. suma said, on 22 Mei 2009 at 11:21

    pake super computer 1 menit.. :))

  12. Suyatmo said, on 25 Juni 2009 at 12:25

    Gua ngeklik ni emang mo cari tau,,

  13. ohdediku said, on 20 Juli 2009 at 08:30

    Saya setuju yang nomer dua, karena saya juga sering memakai itu….hhhhaaa

  14. ichwanzanee said, on 18 Agustus 2009 at 11:28

    siipppp..thank’s Bro!!!

  15. TROJAN said, on 15 Oktober 2009 at 14:02

    makasih atas bagi2 tips bang,,,coba eh…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: