~:Catatan Belajar MazHel:~

How to Upgrade Ubuntu 8.10 to 9.04

Posted in linux c0rner, ubuntu by m42h31 on 24 April 2009

jaunty-screenshoot

Setelah melakukan penantian selama berhari-hari akhirnya ubuntu jaunty jackalope di rilis juga, apa aja yah yang baru ?? silahkan temukan jawabannya disini.

Untuk melakukan upgrade ke new version (versi terbaru), ubuntu menawarkan 3 metode, tergantung selera penggemar saja siy, suka-suka gue dong upgrade pake cara apa..he..he.. yaitu 1 metde upgrade secara offline dan 2 metode upgrade secara online.  langsung aja deh bos menuju TKP (Tempat Kerja Praktek) maksa banget :)), mahsudnya Tempat Kejadian Perkara, lho kok perkara om ? xii..xii..xii..

1. Upgrade Ubuntu Menggunakan CD Installer Ubuntu Alternate. melakukan upgrade versi ubuntu menggunakan metode ini adalah cara yang paling mudah, selain di lakukan secara offline. langkah-langkahnya  bisa dibaca langsung di ubuntulinux, langkah lain seperti yang saya baca di website resmi ubuntu bila autorun-nya tidak berfungsi dengan baik maka setelah kita masukkan CD installer Ubuntu Alternate, tekan ALT+F2 kemudian ketik gksu “sh /cdrom/cdromupgrade”. namun bila kita tidak punya CD-nya tapi punya ISO-nya anda tidak perlu kawatir tidak bisa upgrade, karena upgrade ubuntu juga bisa dilakukan dari ISO CD Installer Ubuntu Alternate, caranya tinggal di mounting dulu ISO tersebut dengan perintah sudo mount -o loop /home/m42h31/ISO-Files/ubuntu-9.04-alternate-i386.iso /media/cdrom0. kemudian lakukan langkah selanjutnya seperti upgrade dari CD Installer Ubuntu Alternate.

2.Upgrade Ubuntu Menggunakan update-manager. karena dilakukan secara online, metode ini cukup memakan bandwidth dan waktu😀, sebaiknya anda berada dalam jaringan inherent mirror ubuntu, atau minimal berada di dekatnya bila ingin menggunakan cara ini. langkah-langkah melakukan upgrade Ubuntu ke versi yang lebih baru menggunakan update-manager bisa di baca di ubuntugeek.

3. Upgrade Ubuntu Menggunakan Terminal. mirip dengan metode kedua (upgrade ubuntu menggunakan update-manager), perbedaannya mendasarnya hanya saja kalau di metode kedua ikita menggunakan update-manager (berbasis GUI), sedang metode ketiga ini menggunakan console atau perintah-perintah pada terminal ubuntu. langkah-langkahnya  adalah buka terminal Application>Accesories>Terminal lalu ketik sudo do-release-upgrade. selanjutnya sangat mudah, ikutin aja perintah ubuntu.

Selamat mencoba,,
pustaka :
ubuntu.com
ubuntugeek.com
ubuntulinux.or.id

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. r3dc0de said, on 24 April 2009 at 23:46

    keren juraganzz…
    hatur nuhun infonya, sangat bermanfaat..
    gan punya CD installer nya gak nih ?

  2. ciebal said, on 30 April 2009 at 15:17

    Mantap Boy..
    bagi dunkz ubuntu 9.04 nya..😀

  3. m42h31 said, on 1 Mei 2009 at 02:40

    @r3dc0de
    punya…🙂

    @ciebal
    boleh, main kesini aja bal, saya kasih ISO-nya..😀

  4. kyUbi said, on 11 Mei 2009 at 10:50

    widih, kang b0y bagi-bagi CD gratis…
    mau dong kang…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: