~:Catatan Belajar MazHel:~

Indahnya merenung

Posted in obrolan bebas by m42h31 on 26 Maret 2009

wah udah jam 12 bentar lagi aku harus meluncur ke salah satu kampus di kota bandung untuk mengisi kuliahnya dosenku, hari itu tepat satu minggu yang lalu 19 maret 2009 beliau tidak bisa mengajar karena sedang sibuk. jam 12.45 aku start motorku, kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh dari tempatku.

jam 13.10 menit mahasiswa baru masuk, alhamdulillah baru 10 menit telatnya ya.😀 males nunggu lama langsung aja aku mulai praktikum, waktu itu praktikum linux dasar. sedikit pamer ke mahasiswa hehee ku demokan effect desktop linux yang aduhai molek sekali,  pada ngiler mahasiswanya..bohong ding hehe..

praktikum dah jalan 30 menit, tapi mahasiswanya seperti gak ngerti apa yang aku sampaikan. sempet ada pertanyaan lucu, pak kok kita belajar pake ngetik-ngetik gini buat apa sih pak ? hehe.. seperti dejavu dulu waktu dpt mata kuliah sistem operasi ada temanku yang nanya serupa. pertanyaan menarik, ku coba sekenanya untung aja jawaban dosenku waktu itu msh ku ingat dengan baik.

kutemui masih banyak komputer yang belum ada linux-nya.. aneh padahal minggu yang lalu cuma 1 komputer yg gak ada linuxnya. ya sudahlah yang tidak ada linux-nya gabung sama teman-nya saja. well, hari ini kita berkenalan dan belajar dengan struktur direktor, struktur kernel, device, dan beberapa perintah dasar linux. mahasiswanya cukup responsif, dan banyak pertanyan menarik terlontarkan. sampai pada saat materi perintah dasar linux ada seorang mahasiswa yang duduk di depan komputer berbasis windows memainkan game Counter Strike di depan saya, hmm khusnudhon saja mungkin dia sudah bertahun-tahun pakai linux jadi yang kayak gini mah bukan urusan yang sulit..sabar sabar.. ternyata beberapa temannya yang lain gak mau kalah, mereka rame-rame ikut meramaikan permainan game itu. aku masih sabar, ku tegur semuanya bahwa disini bukan lomba game online, tapi ini adalah mata kuliah sistem operasi.

pada akhirnya ada kejadian yang sangat-sangat mengecewakan, salah satu mahasiswa yang berada di kursi paling belakang kutemui sedang memutar video parno. astaghfirllah bagai di sambar petir di siang bolong, ada mahasiswa kreatif banget nonton video parno di lab saat praktikum. aku dah gak tahan, pengen cepet-cepet pulang sebelum kesabaran yang saya pertahankan runtuh menghantam lab itu. kuliah ku akhiri begitu saja.. saya pundung fi sabilillah.. sebelum saya bubarkan saya beri tugas sebanyak2nya, dengan harapan mereka mau belajar dan experiment sendiri dirumah.

sampek di rumah saya merenung di kamar adikku, ku coba mengambil pelajaran dari kejadian yang baru pertama ku temui di sebuah instansi pendidikan di tanah air ini. beberapa pelajaran yang saya catat adalah :

1. saya harus belajar lagi bagaimana presentasi yang baik, sehingga audience tidak bosan dan dapat menangkap apa yang saya presentasikan.

2. tiba2 saya terfikir akan dosa-dosa, betapa tidak saya begitu kesal dan marah hal seperti itu terjadi begitu saja. ya Alloh betapa marahnya Engkau ketika menemuiku berbuat ingkar, melakukan maksiat, berlumur dosa, tetapi aku tidak menyadarinya.

3. saya harus belajar lebih menghargai orang lain.

4. saya jadi tau seberapa jauh wawasan saya, ternyata masih dangkal. bismillah semangat belajar..Allohu Akbar..

5. akan banyak fihak yang belajar dari kejadian itu, semoga segera selesai prosesnya.

yah itulah sedikit pengalaman pertama saya menggantikan dosen untuk ngisi praktikum. ternyata kita belajar tidak hanya di kelas, depan monitor, baca buku, ebook, dsb. dari kejadian dan perilaku semua orang di sekitar kita, dari pohon, hewan, alam, dan semuanya pun kita bisa mengambil pelajaran berharga jika kita mau merenunginya. subhanallah, indahnya merenung.. semoga kita semua bisa belajar dari sini..

segala caci maki di tunggu yeeuh.. he..he..

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. suma said, on 27 Maret 2009 at 01:15

    sabar mas🙂
    boleh tau mas kampus mana itu ?


Tinggalkan Balasan

