~:Catatan Belajar MazHel:~

Merekam Desktop Di Linux

Posted in linux c0rner, ubuntu by m42h31 on 20 Maret 2009

uumm..pagi yang cerah, agak mendung dikit, tapi tidak sedingin biasanya. cuaca di bandung sedang tak sehat rupanya… mas.. mas ngadongeng ?? ooh iya kan judulnya linux mas apa hubungannya ama cuaca?… he..he..

yah gagal jadi sastrawan ya gitu deh ngadongeng dulu gak jelas,wekekee.. OOT mode..

ok kembali ke linux,

ceritanya gini..(halah mas dongeng lagi jiiiahh). hee.. kali ini bukan dongeng kok,pada suatu hari saya  dapet email dari temen sesama newbie linux’er bertanya sesuatu mengenai konfigurasi bla..bla..bla..nye..nye..nye.. di linux. singkat cerita saya kirim lah beberapa artikel yang sudah pernah saya coba kepadanya. setelah beberapa hari  si temen saya ini nge PM saya lagi, intinya dia bingung aja karena konon katanya di cobain gagal terus.. ujung2nya saya capek njelasin ke beliau ini yg gk ngerti2, dasar newbie gk bisa njelasin yeuh.. sampai pada puncaknya (emang gunung) yo wis lah aku bikinin video tutorialnya yah..sembari pasang muke blo’on gimana ngerekam desktop linux… 

akhirnya dapet juga caranya, baca2 di ubuntuguide ternyata pake recordmydesktop. langsung menuju TKP aja kayaknya yah, dari tadi ngedongeng melulu, capek gk sih bacanya.. langsung aja yah install dulu apa yang kita butuhkan :

sudo aptitude -y recordmydesktop

untuk menjalankannya ketik di terminal :

recordmydesktop

untuk menghentikannya cukup di Ctrl+c aja, semua file hasil rekaman secara default di simpan di /home/UserName/ dgn nama file out.ogv

ummm, BTW ogv jalan di windows gk yah ? saya kurang tau, maklum wong ura kuat tuku jendela..klu misalnya gk jalan selanjutnya file out.ogv di convert aja ke mp4 / flv. untuk konfersi saya pake ffmpeg.
install ffmpeg :

sudo aptitude -y ffmpeg

untuk kasus ini saya akan coba convert out.ogv ke out.flv:

ffmpeg -i out.ogv -copyright m42h31 -s vga output.flv
atau dari out.ogv ke out.mp4:
ffmpeg -i out.ogv -copyright m42h31 -s vga output.mp4

tergantung selera mau di convert ke bentuk apa..
mudah kan.. selamat mencoba..
barokallah fiikum..
halah klu cuma gitu doang postingannya dari tadi kek, mo cerita gitu doang pake
ngedongeng gk jelas segala..
hee.. yaa biar keliatan agak banyakan gt deh...
wew, gubraks...

referesi : ubuntuguide, man ffmpeg.
Tagged with: , , ,

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. linux_newbi said, on 21 Maret 2009 at 01:27

    mantap mas..

  2. belajar_linux said, on 21 Maret 2009 at 01:29

    boleh juga om, saya newbie linux mohon bimbingannya..

  3. adi said, on 28 Maret 2009 at 21:59

    aku suka pakai tambahan gtk-recordmydesktop
    hehehe, biar enak untuk crop area yg mau di capture

  4. m42h31 said, on 28 Maret 2009 at 23:30

    @linux_newbi makacih makacih… dah mampir di blog saya..😀
    @belajar_linux saya jg msh newbie belajar bareng aja kali yah.. hee..
    @adi matur suwun tambahane…

  5. a3m-nix said, on 30 September 2009 at 20:44

    Salam kenal…
    mantaaf, ijin nyimak😀


Tinggalkan Balasan

