~:Catatan Belajar MazHel:~

Bikin Game Sederhana Tebak Angka

Posted in java by m42h31 on 20 Juni 2008

class bikinPemain
{
public bikinPemain(){
}

int nomer=0;

public void ambilAngka()

{

/*method ini untuk memilih angka yang akan ditebak pemain yaitu angka dari 1-99 secara acak*/
nomer=(int)(Math.random()*100);
}
}

class bikinGame
{
pemain p1=new pemain(); //bikin objek pemain 1-4
pemain p2=new pemain();
pemain p3=new pemain();
pemain p4=new pemain();

public void mulaiGame()
{ //ini method mulai main game
int pilih1=0;
int pilih2=0;
int pilih3=0;
int pilih4=0;

String p1Benar=”salah”; // kondisi awal p1Benar adalah “salah”
String p2Benar=”salah”;
String p3Benar=”salah”;
String p4Benar=”salah”;

int target=(int)(Math.random()*100);

System.out.println(“Silahkan fikirkan angka 1 sampai 99 \n”);

while(true)
{
System.out.println(“Nomer yang diinginkan adalah = ” +target+”\n”);

p1.ambilAngka(); //p1-p4 mengambil angka
p2.ambilAngka();
p3.ambilAngka();
p4.ambilAngka();

/* parsing value nomer dr method ambilAngka di class bikinPemain yang di panggil objek p1-p4 dengan perintah p1.ambilAngk() ke pilih1-pilih4 */

pilih1=p1.nomer;
pilih2=p2.nomer;
pilih3=p3.nomer;
pilih4=p4.nomer;

System.out.println(“\n Pemain 1 memilih nomer = “+pilih1); //tampilkan pilihan tiap2 pemain
System.out.println(“\n Pemain 2 memilih nomer = “+pilih2);
System.out.println(“\n Pemain 3 memilih nomer = “+pilih3);
System.out.println(“\n Pemain 4 memilih nomer = “+pilih4);

/* selanjutnya kondisional bila pilih1 sama dengan target maka value p1Benar menjadi “Benar” dan bila pilih1 tidak sama dengan target maka ia tetap pada kondisi awal yaitu “salah” */

if(pilih1==target)
{

p1Benar=”benar”;

}
if(pilih2==target)
{
p2Benar=”benar”;
}

if(pilih3==target)
{
p3Benar=”benar”;
}

if(pilih4==target)
{
p4Benar=”benar”;
}

if ((p1Benar==”benar”)||(p2Benar==”benar”)||(p3Benar==”benar”)||(p4Benar==”benar”)) {

// tampilkan pemenang dan pecundangnya disini

System.out.println(“\nHore, Kita sudah dapat pemenangnya..\n”);

System.out.println(“Pilihan pemain 1 benarkah? => ” +p1Benar);
System.out.println(“Pilihan pemain 2 benarkah? => ” +p2Benar);
System.out.println(“Pilihan pemain 3 benarkah? => ” +p3Benar);
System.out.println(“Pilihan pemain 4 benarkah? => ” +p4Benar);

System.out.println(“Selamat untuk pemenang Permainan Tebak Angka”);
System.out.println(“Hadiahnya adalah senyum manis dr pembuat game..😀 “);
System.out.println(“\n<<Game Selesai>>”);
break;
}
else
{
System.out.println(“\n Maaf Anda Belum Beruntung,Kacian deh lo…”);
System.out.println(“Silahkan Coba Lagi…”);
}
} //end of while
} //end of method mulaiGame
} //end of class
class mainkanGame
{
public static void main(String[] args)
{
bikinGame game= new bikinGame(); //bikin objek game
game.mulaiGame(); // game mulai memainkan game
}
}

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. echo said, on 27 Juni 2008 at 18:10

    sayang bro, gak ada penjelasannya euyyyyy🙂

  2. m42h31 said, on 3 Juli 2008 at 07:58

    heuheuheu…
    sekarang sudah ada penjelasannya sedikit, smoga dapat dimengerti dengan baik…

  3. novy eka said, on 19 Mei 2011 at 12:56

    kok d compile error yua… hhee d

    String p1Benar=”salah”; // kondisi awal p1Benar adalah “salah”

  4. Linakhoi said, on 15 April 2013 at 02:49

    Iya, wkt di compile masih bnyk error. Tolong di jelasin lebih detail dong.
    Tp ttp kok keren.
    Terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: