~:Catatan Belajar MazHel:~

Membuat Penguat Sinyal UMTS modem PCMCIA ala anak kost #Part 1

Posted in Networking, ubuntu by m42h31 on 20 Mei 2009

Kesel banget gak sih kalau di kost-kostanmu dapet sinyal UMTS-nya kecil, bahkan sering putus nyambung(kayak lagu BBB). biar stabil terpaksa pakai jaringan GPRS dan kecepatan pun musti rela dijadikan tumbal atas ketidak adilan ini. “salah sendiri nyari kost di pinggiran banget, ntu mah derita loe..ha..ha..”ledek sahabatku yang puas melihatku merana di kost-kostan..hua..hua..

Sesuai janji saya di posting sebelumnya, saya ingin membuat sendiri penguat sinyal yang super murah / hampir gratis (klu dirumah sdh ada bahan yang diperlukan), kalaupun belum ada bahannya seperti saya ini, tenang aja modalnya masih di bawah Rp.15.000,-..kok :D..

Sebetulnya ide penguat sinyal UMTS ini berawal dari penjelajahan saya di youtube. yang saya lakukan cuma sedikit mengembangkan dari video tersebut. fungsi semula penguat sinyal di video itu dibuat untuk penguat sinyal wifi, dan saya menirunya untuk di fungsikan untuk penguat UMTS ..90 % teknik pembuatannya sama, cuma beda cara pemasangannya saja..

Baiklah, supaya ndak tambah bingung kita langsung aja mulai merakit..

bahan-bahan yang di butuhkan :

1. sebuah bekas cover CD.

2. alumunium foil.

DSC00081DSC00085

alat-alat:

1. gunting.

2. solasi ban.

3. lem.

Pembuatannya sangat sederhana dan mudah, dari bekas cover CD diatas dibungkus menggunakan alumunium foil sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini:

DSC00082

Kemudian gunakan solasi ban untuk merekat bagian belakangnya agar tidak lepas. lebih baik lagi bagian dalam cover CD di lem agar tidak mudah sobek alumunium foilnya.

Beres, mudah sekali.. saatnya untuk membuktikan apakah percobaan ini berhasil atau tidak.

SEBELUM :

tanpa penguat sinyalsignal-down

SESUDAH :

menggunakan penguat sinyal...signal-up

jika sudah seperti diatas maka tinggal membuat pegangannya agar gak capek megangin. (bersambung ke #part 2)..

Tagged with: , ,

64 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ohdediku said, on 21 Mei 2009 at 05:30

    Kalau untuk modem SMART Haier bisa ga??

    Tips yang bagus mas….
    Monggo di lanjutinn….

  2. suma said, on 22 Mei 2009 at 10:43

    kreatip euy…
    cobain ah..
    kalo modul antena external PCMCIA ada kan?
    digabungin bagus tuh ๐Ÿ˜€
    lanjutkan..!!

  3. masdapit said, on 22 Mei 2009 at 11:37

    wah mantap ne… patut di coba… ๐Ÿ™‚

    thx for tutor

    • m42h31 said, on 23 Mei 2009 at 00:37

      he..he.. selamat nyoba mas,,
      jangan lupa tantangan yang paling sulit adalah nyari angle kearah BTS terdekat (telfon ke layanan konsumen ISPnya) & pastikan gak terhalang tembok ..

  4. r3dc0de said, on 24 Mei 2009 at 23:43

    ada yang tau dimana beli modul antena external UMTS ?
    trus berapa duit..hehehehe…

  5. ivan said, on 25 Mei 2009 at 06:54

    wew boleh di coba nih,saya pake IM2 dan klo abis maghrib sinyalnya suka luntur kaya cet tembok belum kering kena ujan…

    ivan @ :
    motogplovers.blogspot.com

    • m42h31 said, on 26 Mei 2009 at 09:54

      sebaiknya posisi sampean gak kehalang tembok kang supaya lebih stabil ๐Ÿ™‚ .. selamat mencoba deh.. ๐Ÿ˜€

  6. Dalmuji said, on 26 Mei 2009 at 01:38

    Wah hebat… n kreatif
    trims dah mampir ke blog saya

    • m42h31 said, on 26 Mei 2009 at 09:55

      sami-sami..
      makasih juga dah mampir di blog saya.. ๐Ÿ™‚

  7. Taktiku said, on 27 Mei 2009 at 02:02

    waw mantap, tips ini berlaku juga untuk yang menggunkan hp sebagai modemnya kan?

    • m42h31 said, on 27 Mei 2009 at 04:23

      yups.. bisa HP bisa juga modem USB..

  8. n3tSnipper said, on 29 Mei 2009 at 12:22

    mantep nih.. cobain ach..
    itung-itungannya gimana nih mas, atau cuman main kira-kira aja..

  9. m42h31 said, on 2 Juni 2009 at 10:56

    mengenai itung-itungannya saya bukan ahlinya mas, he..he.. insya Alloh nanti saya carikan referensi untuk itu. thanks sarannya,, banyak juga ya yang tertarik ๐Ÿ˜€

  10. karyadi said, on 4 Juni 2009 at 07:38

    mas,,kalo bisa di tambah videoNya , biar lebih jelas
    saya tunggu ,, trima kasih

  11. sy$t3m~cR4$h said, on 6 Juni 2009 at 06:02

    videonya liat yg di youtube wae brur..
    kayake sama aja ya kan mas..

  12. personas girl said, on 8 Juni 2009 at 23:40

    mas, apa klo d dalam kamar bs d pake gak penguat sinyalnya???

    • mazhel said, on 9 Juni 2009 at 05:04

      gambar-gambar diatas hasil jepretan didalam kamar kost saya kok..
      jawabannya bisa saja, tergantung posisi kamarnya ya. sesuai pengalaman saya dalam pemakaian penguat sinyal ini harus membuka lebar jendela kamar saya yang kebetulan posisinya searah dengan letak BTS, kemudian kamar saya berada di lantai atas sehingga menghindari halangan rumah tetangga.. yang terpenting jangan sampai terhalang tembok / gedung saja antara BTS dan laptop kita.

  13. Findra said, on 12 Juni 2009 at 10:34

    Mas, aku punya masalah.. Tolong bantuin yaโ€ฆ?
    Aku pake modem Sierra AirCard 881 PCMCIA tapi aku pasang di PC dengan PCMCIA Adapter.
    Sementara ini aku iseng2 masukin kabel antena VHF yg ga kepake ke modem.. alhasil dapet 2 bar HSDPA (coz kalo ga gt cuma dapet sinyal GPRSโ€ฆ T_T)
    Andai aja aku punya jack khusus buat ditancapin ke modem itu, aku yakin sinyal pasti nambah 1-2 bar.. Bisa bantuin Mas dimana aku bisa dapat jack antena yang super kecil ukurannya itu?? Thanks bngt sblmnya..

    • mazhel said, on 12 Juni 2009 at 12:32

      mungkin mahsud sampean pigtail-nya. jujur saja saya sendiri nyari-nyari juga belum ketemu untuk modem saya :D.. mas bisa coba membelinya secara online dari beberapa website yang ada, keywordnya di google “pigtail Sierra AirCard 881 PCMCIA” (tanpa tanda kutip)..

  14. Said said, on 14 Juni 2009 at 04:27

    Hai temen-temen dalam rangka menyambut hari kemerdekaan kita ada gartisan modem nich, gak cuma modem laptop acer, advan, usb 8 G, dan 4 G….paling lambat brgabung 31 july…

  15. arief guanteng said, on 14 Juni 2009 at 15:12

    mas saya teh dari cianjur nyungseb. mw tanya klo buat yang gituan teh mesti pake kabel ga?

  16. mazhel said, on 15 Juni 2009 at 02:15

    #said
    sukron infonya..blog saya bisa ngikut gak yah.. ๐Ÿ˜€
    #arief
    untuk yang saya buat diatas tidak membutuhkan kabel sedikitpun, namun apabila menggunakan kabel+pigtail sepertinya akan menghasilkan hasil yang lebih maksimal..jujur untuk yang ini saya sebetulnya pengen sekali nyobain dan sampai saat ini belum terlaksana karena nyari pigtail yang cocok untuk modem saya di bandung sulitnya nauzubillah..mungkin kalau di cianjur ada yang jual blh kasih info mas.. ๐Ÿ™‚

  17. putra said, on 16 Juni 2009 at 02:41

    weh… itu mah bukan penguat sinyal!!!!!!!!!?????????

    gmana c???

    biar dapat sinyal kuat g sesimpel itu..

    jgn mudah percaya y??? maaf klo tersinggung, masalahnya aq dah pernah nyoba antena kaleng ma wajan bolik.. bahannya hampir sama kyk gt, tp sinyal yg aq dapat g bs kuat..

    tips==>> minta tolong aja sama orang elektro..
    pasti mereka tau bahan untuk membuat penguat sinyal yg bagus.. hehehe :d

    terakhir.. makasih :d

    • mazhel said, on 29 Juni 2009 at 01:14

      terima kasih mas putra masukannya..
      mohon di maklumi saya bukan orang elektro mas, hehe..
      percaya atau tidaknya alat ini bekerja itu saya kembalikan kepada pembaca blog saya saja.. saya hanyalah mendokumentasikan hasil iseng nyoba-nyoba saya saja, dan alhamdulillah pengalaman saya alat ini bekerja dengan baik (tentunya tidak semudah yg anda bayangkan untuk dapat bekerja seperti diatas, terutama pada saat nyari sudut yang pas kearah BTS terdekat cukup memakan waktu yg tdk sebentar, jadi tetaplah bersemangat..). tentu saja masih banyak sekali kekurangannya disana-sini..

  18. kyUbi said, on 16 Juni 2009 at 08:13

    trus namanya apa bro, kan itu sinyalnya jadi nambah..

  19. indra said, on 22 Juni 2009 at 17:01

    hp ku k550 dikasi penguat kyk g2 bs ga?cz aku nguatin a hp aku tarok diatas pintu,hehehe bru bs dpt sinyal

    • mazhel said, on 29 Juni 2009 at 01:03

      memang pemasangannya gampang-gampang susah, kalau posisinya tidak pas bisa jadi penguat sinyal ini tidak berfungsi maksimal, alih-alih malah sinyalnya menurun dari sebelumnya. tetaplah bersemangat mencari posisi yg mantap..perhatikan juga arah BTS terdekat.. selamat mencoba ๐Ÿ™‚

  20. fuad said, on 28 Juni 2009 at 17:43

    mmm…boleh juga!…bagi donk?

  21. johansaja said, on 29 Juni 2009 at 04:21

    wah kalau kamar nya tertutup sinyal nya ilang dong mas????

  22. surip said, on 29 Juni 2009 at 12:56

    menurut loe?

  23. galih said, on 4 Juli 2009 at 00:34

    wajib d coba neh.. thx ya..

  24. jirdi said, on 7 Juli 2009 at 10:33

    hi, sangat kreatif sekali. tapi apakah ini bisa juga dipakai buat penguat sinyal HP ?

  25. rizal said, on 8 Juli 2009 at 04:47

    klo di kamar arah bts trdkt tdk ada jndelany bs g??

  26. teguh said, on 11 Juli 2009 at 06:42

    ttp://www.lombok-paradise-property.com

    bagus juga nih

  27. banino14 said, on 24 Juli 2009 at 12:23

    mantab gan!! ane punya masalah ama modem sierra 881 ..tiap dipake di kompi yang nota bene ada di pojok dalem rumah ..sinyal hsdpa langsung hilang…. padahal pindah 2 ampe 3 meter aja pasti langsung dapet tuu sinyal… abis baca blog ente langsung ngangkat 2 bar!!! wow!!..skali lagi tengkyu imponya!!…= = hampir beli antena 200rebuan…nice impo gan!!
    oh iya ijin di repost di lblog ane..hehe tararengkyu..

  28. guntur said, on 2 Agustus 2009 at 16:29

    wah, nice info, musti di coba nih…

    mas, mau tanya mas, kalo beli aluminium foil itu di mana, ya? hhe…

    • mazhel said, on 5 Agustus 2009 at 11:18

      biasanya di minimarket atau di supermarket ada mas..kalau gak ada beli di toko kue.. selamat mencari :D, selain alumunium foil ada bahan lain yang lebih bagus, coba tanya solasi ban alumunium di toko besi..

  29. anto said, on 8 Agustus 2009 at 02:15

    patut dicoba nih

  30. Anonimisasi said, on 18 September 2009 at 15:59

    Thank you Mas Hel, internetan kini jadi lebih ceria dengan tips Anda. Terus posting, Bro!!!!!

  31. benos said, on 1 November 2009 at 15:27

    sangat menarik…dan simpel…patut untuk dicoba,,,
    trims infonya..

  32. k4u said, on 25 November 2009 at 20:56

    Top markotop wajib dicoba

  33. andestha said, on 20 Januari 2010 at 02:18

    Oke juga tuh idenya,cba ahhh

  34. andestha said, on 21 Januari 2010 at 00:56

    Bisa ga ya kira2 buat modem smart AC 2726

    • mazhel said, on 21 Januari 2010 at 07:18

      untuk yang model ini asal PCMCIA bisa saja..
      klu usb lebih bagus bikin antena bazoka atau wajan bolic supaya tambah matap sinyalnya..

  35. santoso said, on 4 Februari 2010 at 10:54

    mas…trims berat he3……..sy langsung praktek sinyal 3/5 dr 1-2/5 dn lbh irit sy pakai almu niumfoil bekas bungkus susu yg box 800grm…mhn info klau modem wimode esia apa bs d oprek ganti fleksi yg lbh murah? ok trims

    • mazhel said, on 4 Februari 2010 at 14:21

      selamat atas kesuksesannya kang, he..he..
      wah kalau wimode saya blm pernah pakai euy.. mohon maaf blm bisa menjawab kalau yang ini..

  36. jhony said, on 25 Februari 2010 at 12:19

    klo laptop yg udah ada wifinya bisa gak?
    apa cara buatnya sama?

    • mazhel said, on 25 Februari 2010 at 15:50

      klu wifi di laptop sepertinya tidak bisa di otak-atik, kecuali sampean mau bongkar&modif laptopnya dan dipasang antena external (saya pernah lihat video tutorialnya di you**be, silahkan dicari saja).

  37. frenki said, on 19 Maret 2010 at 17:12

    wow.. dah googling banyak article.. tp ini yg paling menarik.. gampang.. dan murah tentunya.. sangat patut untuk di coba… benar juga ttg pigtail.. sy juga dah hunting di hampir semua toko yg jual spearpart elektronik semua ga ada… emang na pigtail itu istilah.. benar nya apa ya.. tp sy akan coba besok nih.. thanks.. info na broo..

  38. titi said, on 1 Juni 2010 at 04:11

    mohon penjelasan..sy kemaren pakai umts dan modem hp n73 kartu telkomsel, saya pakai internet selama 2 hari dan pulsa saya sama sekali tidak berkurang, awalnya saya seneng bgt …tp kok sekarang saya pake internet pulsanya jd terhisap alias berkurang…knp awalnya tidak ya..? maaf mohon infonya ya ?

  39. rian selalu online said, on 6 Juni 2010 at 08:23

    mau cara yang gax keluar modal sepeserpun untuk penguat sinyal……aku kasih atu ya,pake aja gelas yang bening polos,trus masukin aja usb modem/hp ke bibir gelas…sya jamin tu sinyal nambah 3 bar atau pun bisa full sinyal.memang cara ini sedikit gila..tpi apa salah nya kita mencoba…aku juga pke cara ini…allhamdulilah sinyal flexi saya full…trus bisa maen poker deh ampe puas…hhhhh……..aaaaaa…coba aja gan

  40. kalam ft said, on 27 Juni 2010 at 08:28

    saya menggunakan modem usb dari vodafone + kartu halo. bis nggak ngunain itu?
    terima kasih

  41. riski said, on 6 September 2010 at 04:10

    saya pakai modem huawei 02 yg e160, bisa ga ya kira.kira pakai cara itu?
    tlong bales scpatnya ya mas, butuh bgt nii..
    sinyalnya kacau bgt.. ๐Ÿ˜ฆ

  42. Faqih said, on 17 November 2010 at 02:39

    Sip…. simple

  43. angga said, on 23 November 2010 at 14:13

    bos, bentuknya ada pengaruh gak?
    misalnya kal gw pake kardus?
    heheh.
    newbie.

  44. ULIL ABSOR said, on 10 Januari 2011 at 15:05

    saya pake Three, modemnya onda MH602HS. Pake cara situ bisa ga”?

  45. rofiq said, on 10 Maret 2011 at 21:54

    yang penting aluminium foil pasti ada ,,,,di jamin internet pasti tambah signalnya

  46. Rush said, on 7 Juni 2011 at 14:03

    Begini mas….masalah sinyal ini ada beberapa faktor salah satunya tempat terhalang dan tidak terhalang juga berpengaruh, juga kartu perdana yang dipakai. Namun saya setuju kalau teori sampeyan untuk menambah sinyal dengan model yang sampeyan perkenalkan ini ada hasilnya, tinggal pengembangannya. Trims…

  47. DeVJS said, on 12 Juli 2011 at 12:59

    wah ide bagus nie… tp masi bingung n pengen nanya nieh… kalo pake smart haier c700 pernah liat temen ane pake CD bekas dipasang antara USB dr modem sama USB yg buat ditancepin…jd fungsi CD sebagai reflektor… itu apa bener yah… ??
    liat temen sih ada yg pasang, tp lumpnah nyobain…
    trs PCMCIA sama BTS tuw apa yah?? ane kaga ngarti blass… thx b4… ^^

  48. andi gasali said, on 22 September 2011 at 05:48

    thank ya bro pengut signalx berhasil… awalx ga ad signa kalo pun ada paling 1 garis skr 4 baris lancar sd internetanx… yg lain coba dech yakin bisa d gunakan…

  49. gun said, on 8 Juni 2012 at 23:06

    part 2 ne ndi mas????, gak ono’…..

  50. Novalita said, on 10 September 2012 at 14:15

    nek dinggo pb iso ra bro. . . . . . . .

  51. Muzip said, on 9 Februari 2013 at 07:50

    Ide yg Clasik, tapi Asik…
    ๐Ÿ˜€

  52. adi said, on 11 Desember 2014 at 02:15

    Anda butuh Sinyal !!
    Sinyal anda lemah !!
    jayaelektronik93.indonetwork.co.id
    Solusi penguat sinyal HANDPHONE

    Dengan produk ini sinyal HP anda akan FULL serta akan mendapatkan sinyal Handphone yang baik dan terjamin, sinyal pada HP / Modem anda menjadi lebih FULL dan tidak putus-putus.

    Fungsi :
    * Memperpanjang umur baterai
    * Sinyal menjadi Full
    * Membuat panggilan menjadi jernih ( tidak putus โ€“ putus )
    * Cocok di pasang di pertambangan dan di tengah hutan yang mengalami low sinyal
    * Basement/lantai dasar/ lantai satu bangunan (kamar, ruang tamu, ruko, rumah, kantor).
    * Dan tempat-tempat lain yang kekurangan sinyal atau tidak ada sinyal.

    ABSOLUTELY WIRELESS!
    Tidak perlu kabel konektor yang ditancap ke handphone.
    & Mudah pemasangannya.

    Segera Hubungi :
    HP : 087717994111
    Pin BB : 7ECD2396
    Email : jaya_elektronik93@yahoo.com
    YM : jaya_elektronik93


Tinggalkan komentar